Seleb

Dari 3 Pria Yuyun Sukawati Pilih Fajar Umbara sebagai Suami, Sekarang Menyesal, Ini Kisah Mereka

Selama dua tahun membina rumah tangga, Yuyun Sukawati seperti kehilangan kebahagiaan. Fajar Umbara, sang suami, ternyata seorang temperamental. Ia mengaku jadi korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Perasaan menyesal kini menyelimuti hatinya. Bagaimana kisah Yuyun Sukawati hingga akhirnya menerima Fajar Umbara sebagai suaminya?

Aktris yang juga terkenal dengan nama Yuyun Jin dan Jun menceritakan awal mula pertemuan dan jalinan asmaranya dengan Fajar Umbara. "Jadi awal mula kami ketemu itu di saat aku berusia 16 tahun. Nah, saat itu, ya kami memang dekat dan sama sama berkarier, sampai akhirnya Fajar ini sering ke rumah ketemu orangtua aku," kata Yuyun Sukawati ditemui di gedung Komnas Perlindungan Perempuan, Jalan Latuharhari, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (9/4/2021). "Terus lama kelamaan ya Fajar ini tuh deket sama orangtua aku dan sering ikutlah kerja dan tinggal baik di Cirebon atau di rumah aku di Pondok Indah. Kemudian ya udah kenal dekat sama orangtua," tambahnya.

Tapi, berjalannya waktu dan kesibukan berkarier, Yuyun mengaku sempat lost contact dengan Fajar selama beberapa tahun sampai akhirnya bertemu lagi dan melamar wanita berusia 44 tahun itu. "Pas ketemu ya dia langsung lamar aku. Saat itu ada tiga orang, satu teman kampus aku, kedua dokter, ketiga ya si Fajar ini," ucapnya. Setelah berkonsultasi dengan orangtua, pesinetron Jin dan Jun itu mengaku bahwa ibundanya lebih setuju ia dengan Fajar ketimbang dengan dua pria lainnya yang juga melamar untuk menikah.

"Tapi saat itu ya aku engga tahulah kalau Fajar ini tempramental," ungkapnya. Kemudian, wanita kelahiran Cirebon, 10 Maret 1977 itu menikah dengan Fajar di tahun 2019. Yuyun mengaku, baru satu hari setelah pernikahan, adik dari sutradara kondang Anggi Umbara itu langsung melakukan kekerasan. "Didepan mamah aku, dia tuh nendang pintu kamar anak aku sambil mengeluarkan kata kata kasar. Otomatis ibu aku marah dan kesal sampai akhirnya bilang, 'mumpung baru sebentar menikah. Kamu pilih Ibu dan anak kamu atau Fajar?' gitu," jelasnya.

"Terus pilih lah Fajar karena dia suami aku kan. Kemudian kami diusir, aku dan Fajar ajak anak aku hidup di Jakarta," tambahnya. Namun, ada rasa penyesalan besar Yuyun Sukawati ketika ibundanya meninggal dunia. Sebab, ia merasa durhaka memilih Fajar ketimbang mendiang ibundanya sendiri. "Makanya sampai ibu aku meninggal, aku nyesal. Karena memang ternyata, orangtua aku sejak awal menikah sudah menduga kalau Fajar tidak benar. Eh ternyata menjadi kenyataan, aku dianiaya selama dua tahun menikah," ujar Yuyun Sukawati.

Yuyun Sukawati menyesal membina rumah tangga dengan Fajar Umbara. Dua tahun menikah, sudah cukup membuatnya tahu bahwa rumah tangganya tak bisa dipertahankan lagi. Ia menuding Fajar Umbara kerap melakukan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

"Iya yang aku sesali adalah aku sudah pilih dia (Fajar) ketimbang ibu aku sendiri. Parahnya lagi anak aku juga dianiaya. Aku nyesel sekali menikah dengan dia," kata Yuyun Sukawati ketika ditemui di gedung Komnas Perlindungan Perempuan, Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (9/4/2021). Karena hal itulah, wanita berusia 44 tahun itu menegaskan tidak ada upaya damai dengan Fajar. Yuyun juga ingin mengakhiri rumah tangga mereka.

"Udah engga ada kata damai atau rujuk, kemarin sudah pernah dan aku kasih kesempatan. Daripada babak belur, mending udahan aja. Daripada aku babak belur," ucapnya. Namun, pesinetron Jin dan Jun itu belum tahu kapan mengajukan gugatan cerai ke Pengadilan Agama. "Tapi sesudah selesai ini semualah," ungkapnya.

Yuyun Sukawati memastikan ia ingin melihat Fajar merasakan penderitaannya lebih dulu yang dirasakan selama dua tahun menikah, baru mengajukan gugatan cerai. "Penginnya Fajar ditangkap dulu, baru selesaikan semuanya termasik pernikahan," ujar Yuyun Sukawati. Sebelum masalah KDRT dan penganiayaan terkuak, Yuyun Sukawati dan anaknya sudah melaporkan Fajar Umbara ke Polsek Pondok Aren dan Polres Cirebon.

Laporan tersebut terkait Yuyun Sukawati dan anaknya menerima dugaan KDRT dan penganiayaan yang diduga dilakukan oleh Fajar Umbara. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.