Nasional

KAPAN Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 21 Ditutup? Segera Daftar di www.prakerja.go.id

Pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 21 telah berlangsung sejak Kamis (16/9/2021). Perlu diketahui, ada yang berbeda dari pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 21. Perbedaan tersebut terlihat dari jumlah kuota yang disediakan oleh pihak Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja.

Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, mengatakan jumlah kuota Kartu Prakerja Gelombang 21 hanya 754.929 orang saja. Sebab, kata Louisa, kuota ini adalah sisa anggaran semester II Rp 10 triliun dan dari anggaran Rp 1,2 triliun yang ditambahkan. Sama dengan gelombang gelombang sebelumnya ketika pendaftaran Kartu Prakerja dibuka, banyak yang bertanya kapan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 21 ditutup.

Jika kita melihat pada gelombang gelombang sebelumnya, penutupan pendaftaran Kartu Prakerja biasanya dilakukan tiga hingga empat hari setelah pembukaan. Bisa dikatakan, penutupan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 21 kemungkinan akan dilakukan pada Minggu (19/9/2021) atau Senin (20/9/2021). Akan tetapi, tanggal tersebut hanya sebuah prakiraan saja.

Para peserta tetap harus menunggu informasi resmi dari pihak PMO Kartu Prakerja terkait penutupan pendaftaran Kartu Prakerja. Segala bentuk pengumuman terkait Kartu Prakerja, bakal dirilis melalui akun sosial media resmi PMO Kartu Prakerja. Bagi masyarakat yang berminat mendaftar pada Kartu Prakerja Gelombang 21, dapat membuat akun Prakerja terlebih dahulu di www.prakerja.go.id.

Namun, bagi Anda yang sudah memiliki akun, Anda tinggal klik 'Gabung' pada akun Prakerja Anda. Berikut cara membuat akun Kartu Prakerja: 1. Akses laman www.prakerja.go.id atau klik .

2. Pastikan Anda memiliki email aktif. 3. Pilih "Daftar Sekarang". 4. Masukkan nama lengkap, email, dan kata sandi.

5. Klik "Daftar". 6. Selanjutnya, Anda akan menerima notifikasi melalui email. 7. Buka email Anda, dan lakukan verifikasi yang telah dikirimkan via email.

8. Pendaftaran berhasil, dan Anda sudah memiliki akun Kartu Prakerja. Setelah berhasil membuat akun Kartu Prakerja, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan diri di Kartu Prakerja Gelombang 21. Berikut cara mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 21:

1. Buka laman www.prakerja.go.id, klik atau . 2. Masukkan email dan kata sandi akun, kemudian Klik "Login". 3. Setelah berhasil masuk ke akun Anda, isi verifikasi KTP dan tanggal lahir.

4. Klik "Berikutnya". 5. Lengkapi data diri Anda, unggah foto KTP dan swafoto Anda dengan KTP. 6. Lakukan Verifikasi Nomor Telepon.

7. Klik "Kirim". 8. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke No HP Anda. 9. Klik "Verifikasi".

10. Selanjutnya, isi Pernyataan Pendaftar. Isi sampai selesai, jika sudah selesai klik "Oke". 11. Berikutnya Anda wajib melakukan tes Motivasi & Kemampuan Dasar. Klik "Mulai Tes Sekarang". Setelah isi tes, hasil tes akan di evaluasi, mohon menunggu sebentar sekitar 5 menit.

Jika sudah 5 menit belum ada perubahan, silahkan klik tombol Refresh. 12. Pendaftaran akan segera selesai, Anda tinggal ikut seleksi Gelombang, pilih lah Gelombang yang Anda inginkan disesuaikan dengan domisili. 13. Selanjutnya Anda akan menerima notifikasi di Dashboard akun, apakah lolos atau bisa ikut Gelombang yang Anda pilih.

Seperti yang kita ketahui, jumlah kuota Kartu Prakerja Gelombang 21 ini lebih sedikit dari gelombang sebelumnya. Sebab, kuota Prakerja Gelombang 19 dan 18 dibuka dengan 800 ribu orang penerima. Apakah Kartu Prakerja Gelombang 21 ini menjadi program terakhir?

Menjawab pertanyaan tersebut, Louisa menyebut adanya kemungkinan Kartu Prakerja Gelombang 21 tidak menjadi yang terakhir di tahun ini. Sebab, setiap gelombang biasanya ada yang tidak menggunakan kepesertaan atau dicabut kepesertaannya. Kejadian ini disebabkan peserta yang telah lolos Kartu Prakerja, tidak segera membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari.

"Misalnya, peserta gelombang 18 memiliki waktu sampai tanggal 22 September untuk membeli pelatihan pertama dan tenggat waktu untuk gelombang 19 adalah 30 September." "Lewat dari waktu itu maka kepesertaannya akan dicabut. Kepesertaan yang dicabut ini nantinya akan dipulihkan dalam gelombang tambahan," kata Louisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.