Lifestyle

Rambut Rontok? Temukan 5 Kandungan Ini di Shampoo untuk Atasi Masalah Kerontokan

Merawat rambut rontok memang memerlukan trik khusus agar bisa mengurangi kerontokannya. Gunakan shampoo untuk rambut rontok agar nutrisi di dalamnya akan membantu memperkuat struktur batang rambut. Sehingga akan mempercepat proses pertumbuhan rambut.

Kandungan Shampoo Untuk Rambut Rontok

Rambut rontok banyak sekali penyebabnya, mulai dari kurangnya makan protein. Kekurangan vitamin B hingga Zinc dan masih banyak lagi. Sehingga Anda perlu mengetahui kandungan shampo untuk rambut rontok, antara lain:

Rumput Laut, Protein Kedelai dan Shea Butter

Penelitian menyebutkan bahwa kombinasi rumput laut, kedelai dan Shea Butter akan membantu menguatkan rambut agar tidak gampang patah. Kandungan rumput laut akan membantu merangsang pertumbuhan sel kulit kepala agar lebih sehat lagi. Sehingga akan memberikan pembentukan folikel rambut baru.

Selain itu, bahan aktif yang terkandung dalam rumput laut akan mencegah kebotakan. Sedangkan kandungan protein kedelai dan shea butter akan memperkuat akar serta helai rambut.

Biotin

Kandungan selanjutnya, yaitu Biotin dan asam pantotenat atau vitamin B5. Biotin akan menguatkan dan menebalkan rambut sekaligus mengurangi rambut rontok. Kandungan Biotin akan bereaksi dengan enzim yang diproduksi oleh kelenjar adrenal. 

Kelenjar Adrenal dipercaya akan membantu pertumbuhan rambut baru yang lebih sehat. Selain itu, Biotin akan membantu memperbaiki rambut yang rusak karena terlalu banyak keramas dan terpapar panas.

Minyak Argan

Selanjutnya, minyak Argan telah lama digunakan oleh masyarakat Timur Tengah untuk perawatan kecantikan kulit. Minyak Argan akan membuat rambut tetap kuat dan lembut. Selain itu, juga akan mencegah rambut bercabang dan berketombe.

Vitamin E

Shampoo yang memiliki kandungan vitamin E akan membantu merawat rambut yang rontok. Antioksidan di dalamnya akan membantu memperbaiki kerontokan rambut serta menguatkan batang rambut. 

Ginseng

Kandungan ginseng merah menjadi alternatif untuk pengobatan alami yang bisa mengatasi masalah kebotakan. 

Tips Memilih Shampoo yang Tepat

Selain mengenali bahan yang ada di dalam shampoo, Anda juga harus tahu cara memilih shampoo yang tepat. Ikuti beberapa tips berikut ini:

Kenali Jenis Rambut

Sebelum memilih perawatan yang tepat untuk rambut rontok, Anda harus mengetahui jenis rambut terlebih dahulu. Perawatan rambut kering akan berbeda dengan rambut berminyak atau normal. Sehingga percuma jika memilih shampoo untuk mengatasi kerontokan jika tidak sesuai dengan jenis rambut.

Kenali Penyebab Kerontokan

Jika Anda mendapati beberapa helai rambut yang jatuh di lantai saat keramas, tidak perlu khawatir. Namun, jika jumlah rambut yang rontok sangat banyak, maka perlu mengetahui penyebabnya. 

Mungkin saja terjadi saat Anda sedang diet, rambut menjadi rontok karena kurangnya asupan gizi. Jika Anda sering berada di luar ruangan dan terpapar polusi, dan debu bisa menjadi salah satu pemicu. 

Selain itu, jangan abaikan stres yang Anda alami karena juga menyumbang penyebab kerontokan rambut. Mengenali penyebab kerontokan rambut, maka akan memudahkan untuk memilih shampoo yang tepat.

Utamakan dari Bahan Alami

Memanjakan rambut dengan bahan-bahan alami di dalam shampoo sangatlah baik. Sebaiknya menghindari shampoo dengan banyak kandungan bahan kimia. Anda bisa memilih merawat rambut rontok dengan bahan-bahan alami dengan kandungan protein dan vitamin.

Shampoo yang Bisa Melembabkan

Rambut yang lembab dan mendapatkan nutrisi yang baik akan membantu mencegah rambut menjadi kering. Sehingga rambut tidak gampang kusut. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memilih shampoo dengan kandungan bahan yang mampu menutrisi dan melembabkan rambut.

Memilih shampoo untuk rambut rontok hendaknya memperhatikan kandungan bahan di dalamnya. Selain itu, memilih shampoo sesuai jenis rambut juga akan membantu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.