Internasional

Update Ever Given Tersangkut di Terusan Suez: Posisi Kapal Hampir Normal Sebabkan Harga Minyak Turun

Otoritas Terusan Suez Mesir (SCA) mengatakan bahwa badan kapal kontainer Ever Given sebagian telah mengapung dan berbelok ke arah yang benar. Posisi kapal berbedera Panama yang dioperasikan oleh Evergreen Marine Corp asal Taiwan itu telah diatur ulang 80 persen ke arah yang benar. Buritan kapal pun telah dipindahkan ke arah 102 meter dari pantai, yaitu empat meter dari posisi sebelumnya.

"Posisi kapal telah diatur ulang 80 persen ke arah yang benar. Buritan dipindahkan ke 102 meter dari pantai, dibandingkan dengan posisinya empat meter dari pantai sebelumnya," terang Kepala SCA Osama Rabie, dikutip dari . Lebih lanjut, berikut perkembangan terbaru (update) seputar kapal Ever Given tersangkut di Terusan Suez. Sejak Selasa (23/3/2021) kapal Ever Given tersangkut di Terusan Suez hingga melumpuhkan jalur transportasi layar paling sibuk di laut internasional itu.

Osama Rabie mengatakan, setidaknya 369 kapal menunggu Terusan Suez dibuka kembali utnuk transit di kanal. Adapun kapal kapal tersebut termasuk di antaranya kapal kontainer, kapal curah, kapal tanker minyak dan kapal gas alam cair (LNG) atau gas minyak cair (LPG). Kabar tentang sebagian badan kapal Ever Given yang telah mengapung memang bagus.

Namun, kata CEO Boskalis Peter Berdowski, untuk menyelesaikan operasi itu tidaklah semudah memindahkan 'sepotong kue'. Rencananya, Boskalis akan mendatangkan lagi kapal tunda atau kapal yang digunakan untuk melakukan manuver/pergerakan. Jika upaya menambah kapal tunda tidak berhasil, maka kemungkinan kontainer yang diangkut kapal Ever Given harus dipindahkan.

Sekadar inforamsi, Boskalis adalah perusahaan induk dari Smit Salvage, yang telah membantu upaya untuk mengeluarkan kapal Ever Given. Beredar di media sosial video yang memperlihatkan buritan kapal kontainer yang tertahan di Terusan Suez terayun ke arah tepian kanal. Tampak kapal tunda bergerak di sekitar kapal kontainer Ever Given dan suara suara orang berteriak gembira.

Harga minyak mentah merosot lebih dari 2 persen setelah berita dari Terusan Suez bahwa kru penyelamat telah berhasil memindahkan kapal kontainer raksasa yang telah menyumbat jalur perdagangan global yang vital selama hampir seminggu. Diketahui, minyak Brent turun 1,38 dollar atau 2,1 persen menjadi 63,19 per barel pada pukul 05.11 GMT. Sedangkan minyak mentah Amerika Serikat turun 1,48 sen, atau 2,4 persen menjadi 59,49 per barel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.